#7. berubah?

Teras rumah Nos terlihat begitu asri siang itu. Selain memang desainnya yang indah dan menawan, tata letak dari beberapa kursi dan pot tanaman hias, ikut mempercantik teras itu. Di sebuah kursi, tampak Nos sedang asyik dengan tulisannya. Kemudian, dari dalam rumah terdengar suara dering telepon.
“Nos! Angkat, tuh telepon! Bunda lagi sibuk, nih!”
“Ya!”
Nos bergerak. Ia masuk ke dalam rumah, dan mengangkat telepon.
“Halo?”
“Nos. Gimana kemaren?”
“Siapa nih?”
“Aku, Gio. Jadi, gimana?”
“Ah, situ yang gimana? Kok langsung ngabur aja?”
“He-he. Sori, ya. Aku kemaren harus nganterin Mai dulu. Sori, banget!”
“Huh!”
“Apa perlu aku ganti traktir, nih?”
“Wah, kalo buat ay, boljug, tuh! Tapi..”
“Kenapa lagi? Emang kemaren nggak dapet bahan-bahannya? Kemaren ke mana aja, sih?”
“Aduh! Nanyanya satu-satu, dong! Ay, ‘kan jadi bingung, tau!”
“Ya, iya. Sori.”
“Kemaren udah dapet bahannya. Yah, lumayan buat awalan. Kita kemaren cuma ke perpus Planetarium aja, kok. Soalnya, ternyata di sana juga udah dapet banyak!”
“Kita? Kita sapa?”
“Waduh! Dasar pikun! Ay ‘kan, kemaren sama Ren! Situ lupa, ya?”
“O, iya! Aku lupa!”
“Makanya, temen sekelompok jangan dilupain cuma gara-gara cewek!”
“Lha, si Ren itu juga, ‘kan cewek, Nos!”
“Maksud ay, bukan dia! Tapi, Mai!”
“Oh.”
“Dan, nerusin yang tadi…”
Diam. Nos berpikir sebentar. Haruskah ia memberitahukan tentang sikap Ren yang kemarin?
“Ini soal Ren.”
“Ren, dia kenapa?”
“Kalo menurut ay, sih…Dia kaya’nya suka sama situ.”
“Hah?! Kamu nggak salah ngomong, ‘kan? Jangan bikin gosip baru, deh.”
“Yee! Ngapain juga ay kaya’ gitu?”
“Yah, kali aja kamu pengen gangguin aku, dan bikin aku ngerasa bersalah gara-gara kemaren nggak bantuin, gitu. Tapi, emang bener, ya?”
“Kalo ay liat sih, bener itu.”
“Kok kamu bisa ngambil kesimpulan kaya’ gitu?”
“Pertama, ay udah bisa ngeduga pas situ langsung cabut. Kemaren ‘kan, waktu ay dateng si Ren ini, dia keliatan rada-rada bete gitu.”
“Wah, masa’ iya?”
“Ya, iyalah! Situ pikir dong! Sapa sih yang nggak bete, tau-tau ditinggal gitu aja? Emangnya, kemaren situ apain si Ren itu?”
“Hmm, apa ya? Aku lupa!”
“Wah, kacau nih. Ternyata ay temenan sama kakek-kakek terselubung.”
“Hah? Apaan, Nos? Kamu tadi ngomong apaan?”
“Ah, enggak. Bukan apa-apa.”
“Ya, udah. Lanjutin ceritanya!”
“Dan, seterusnya ay bisa tau waktu mau pulang dari perpus. Dia lemes banget!”
“Pasti lemes, kali! Sapa sih yang nggak lemes, kalo ngedekul di perpus terusan?”
“Ada! Itu ay! Nos!”
Gio mengekeh.
“Terus? Gimana?”
“Yah, begitu deh. Yang ay liat sih, cuman segitu.”
“Bener, nih?”
“Asli, deh! Emangnya situ nggak kerasa waktu maen bowling itu?”
“Nggak, tuh. Biasa aja. Tapi, menurut kamu Ren musti diapain, ya? Aku ‘kan, nggak ada feeling apa-apa sama dia.”
“Yah, diemin aja dulu. Sapa tau, penglihatan ay salah? Lagian, situ Ge-eR banget, sih?”
“Yee! Dasar!”
“Iya, kali!”
“Ya udah, deh. Aku biarin aja, dulu. By the way, thanks ya!”
“Eh! Traktirnya jadi, nggak?”
“Ha-ha! Dasar kamu! Kalo udah soal makanan aja, paling inget!”
“Hei! Kapan ay lupa? Emangnya kaya’ situ? Suka lupa?”
“Iya, deh. Besok aku traktir.”
“Traktir di mana, nih?”
“Ya, terserah! Maunya di mana?”
“Hmm…Gimana kalo di Jimbo aja? Ternyata, minuman sama makanan di sana, enak dan aneh-aneh, ya?”
“Huh! Kalo udah tau enak aja, keterusan deh!”
“Biarin!”
“Ya udah! Besok, abis skul kita cabut ke sana, ya!”
“Ajakin Ren, ya?”
“Ngajak Ren?”
“Iya. Emangnya kenapa? Nggak boleh? Katanya, situ nggak ada rasa apa-apa? Pastinya, nggak apa-apa, ‘kan?”
Gio berpikir sebentar.
“Ya, udah deh. Boleh. Tapi, boncengnya sama kamu, ya?”
“Lho, kenapa sama ay? Kenapa nggak sama situ aja? Motor situ ‘kan, tenaganya gede! Emangnya motor ay, yang tenaganya cuma seperseratus dari motor situ?”
“Tapi, kemaren buktinya bisa ke planetarium dan ngebonceng Ren?”
“Yah, kalo terpaksa sih, bisa-bisa aja.”
“Jadi, besok nggak terpaksa, nih ceritanya?”
“Iya! Makanya, yang bonceng Ren, situ aja, ya!”
“Iya, deh. Tapi, kalo ada apa-apa, kamu yang tanggung jawab, ya?”
“Rebes!”
“Sip, dah kalo gitu!”
“Oh iya, ngomong-ngomong, situ udah baekan yah, sama Mai?”
“Baekan? Emangnya, kapan aku berantem sama dia?”
“Yah, mungkin nggak berantem. Tapi, situ masih inget waktu si Mai itu dateng gara-gara loker itu, nggak?”
“Ah, itu sih, cuma salah paham doang!”
“Tapi, yang ay liat, dari kejadian itu, Mai sama situ jadi renggang. Emang sih, dari masuk kelas tiga juga, udah jauh-jauhan. Tapi, mulai dari kejadian itu, sepertinya kalian pada musuhan.”
“Ah, perasaan kamu aja, kali!”
“Yah, boleh aja. Tapi, ay juga rada kaget juga waktu Ren ngasitau kalo situ kemaren cabut sama Mai.”
“Oh, jadi Ren ngomong gitu sama kamu?”
“Iya. ‘Kan kemaren ay nanya sama dia. Gimana, sih? Dan lagi, bukannya dari tadi ay udah bilang, kalo situ ngelupain kerjaan kelompok, cuma gara-gara Mai? Terus, tadi ‘kan situ yang bilang sendiri, kalo kemaren nganterin Mai dulu?”
“Iya, iya deh. Aku bener-bener nggak nyimak, nih! Sori, ya!”
“Waduh, udah parah nih, pikunnya.”
“Biarin!”
Nos mengganti tangan yang memegang gagang teleponnya. Ia pegal juga berlama-lama ditelepon begini. Nggak biasa kali, ya?
“Eh, Gio. Situ bawel juga, ya jadi cowok!”
“He-he. Makasih!”
“Yah! Malah seneng dibilangin bawel!”
“Lho, emang harusnya gimana? Emang, cowok nggak boleh bawel, gitu?”
“Iya! Kaya’ cewek, tau!”
“Abis, aku pengen jadi pendiem dan cool pas masuk SMA, tapi tau-taunya ketemu Mai, yah jadinya bawel kaya’ gini.”
“Duh, pusing ay jadinya!”
“Makanya dong, Nos! Ajarin aku buat jadi cool!”
“Hah? Ay nggak salah denger, tuh?”
“Tapi, jangan kaya’ kamu, ya! Kalo kamu sih, kebangetan coolnya! Kelewatan!”
“Emangnya gimana?”
“Yah, bisa dibilang bener-bener ‘diem’.”
Nos tersenyum.
“Ha-ha. Situ bisa aja!”
“Jadi, gimana?”
Nos berpikir sebentar. Lagi.
“Boleh, deh. Tapi, artinya situ traktirnya juga nambah, ya!”
“Lha?”
“Emangnya di dunia ini, ada yang gratisan?”
“Ya, dah! Terserah! Dasar cowok matre!”
Nos tersenyum-senyum sendiri.

0 Responses to “#7. berubah?”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: